Rabu, 08 April 2009

Masa Depan : Yang Kaya Makin Kaya, dan Sebaliknya | 1

Pernahkah anda mendengar istilah yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin? Jika pernah, maka istilah itu juga berlaku di industri seluler. Operator besar makin besar, operator kecil makin kecil. Seperti kita tahu, ekspansi jaringan tidak berhenti meski bisnis seluler mulai mendekati titik jenuh. Pembukaan wilayah baru tidak berfungsi melayani pengguna baru, tapi lebih ke penggerusan market yang sudah terlayani (oleh op lain). Dengan margin yang makin menipis, solusinya selain variasi layanan adalah penambahan subscriber. Variasi layanan itu sendiri punya andil besar untuk menarik subscriber. Jadi memang sangat beralasan jika operator besar akan makin besar saja.

Akhir2 ini, publikasi rutin makin didominasi 3 besar. Newcomer2 mulai menghilang dari peredaran. Fren dikabarkan rugi 1 trilyun, bakrie cell yang notabene mendapat tambahan subscriber signifikan juga menurun pendapatannya. Belum lagi smart yang secara kasat mata ancur2an. Tidak bisa dihindari bahwa istilah diatas benar2 berlaku, bahkan makin jelas.

Ceria yang menarget pasar pedesaanpun sama saja. USO yang berfungsi untuk mengcover area2 pedesaan sudah jatuh ke telkomsel. Ini bukan saja akan menggerus pasar ceria, tapi juga mempersempit ruang geraknya.

Blackberry, iphone, dan net murah mendominasi beragam media massa. Artinya, persaingan sudah berlangsung di taraf lanjut, tidak lagi sekedar perang tarif seperti dulu. Jika yang kaya makin kaya, layanan untuk si kaya yang akan booming bukan? Dan itulah kenyataannya.

Untuk membuat industri seluler tetap hidup, akan ada banyak industri yang mati. Op kecil, provider internet, dan bisa jadi jika e-wallet mengedepan, debit card jadi tergerus peminatnya. Bisnis besar akan menempuh beragam cara untuk menghidupi dirinya. Untuk ke depan, istilah itu makin berlaku, bahkan untuk kelontong2 kecil kelas kampung sekalipun (dgn alfamart dan indomaret yg menggurita)

Langkah jaman nampak jelas di jejak2nya. Semoga bisa membuka wawasan anda dan saya untuk mengantisipasi masa depan. Agar kita tidak tersapu ombak perubahan.

1 komentar:

CYO mengatakan...

CES SIH NGIKUTI CERIA TO? CALL ME IN 081804089304

Bookmark and Share

Posting Komentar

 
Theme : FeedCentre by BudiTyas