Senin, 06 April 2009

Kompetisi Bisnis & Evolusi Layanan | 2

Jika kita punya bisnis, tentunya kita punya yang namanya sumber daya, entah itu alat ataupun SDM. Setiap task ataupun layanan membutuhkan sumber daya tertentu agar ia bisa berjalan, dan sumber daya tertentu pula agar bisa bersaing. Intinya, sumber daya untuk bisa berjalan dan bersaing itu berbeda.

Jika ternyata bisnis anda kalah bersaing dalam layanan tertentu, maka solusinya ada 2 : tambah sumber daya atau ganti layanan. Tambah sumber daya berarti menambah modal hingga sampai ke taraf kompetitif, tapi ganti layanan tidak begitu.

Ganti layanan bisa dilakukan dengan variasi atau justru spesialisasi. Jika bicara ceria, mungkin lebih cocok jika spesialisasi.

Dari semula, ceria tidak umum seperti yang lain. Menspesialkan diri dan fokus ke layanan tertentu sebenarnya sudah bawaan lahir. Seperti pernah saya tulis dulu, ceria akan kesulitan jika dibawa ke samudera merah tempat hiu - hiu besar saling cabik. Lebih aman menyingkir dan berevolusi untuk memberi layanan khusus dengan mempertimbangkan sumber daya yang ada.

Kemampuan ber evolusi. Jika sudah menyangkut kompetisi, cuma itu jalannya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas ceria sampoerna mau launch data internet HSDPA ya mas? dibulan mei akhir..

Mohon informasi dong...ke widodo2791@yahoo.co.id

maturnuwun

BudiTyas mengatakan...

Sejauh yg saya tahu, tidak. Ceria itu CDMA, jadi perkembangan ke depan kemungkinan ke EVDO dan EVDV. Di level yang sama, kecepatannya tidak kalah dgn HSDPA nya GSM. Kabar terbaru yg saya dengar, Ceria mulai menjual produk dengan kemampuan PABX, atau line ekstensi/paralel.

Bookmark and Share

Posting Komentar

 
Theme : FeedCentre by BudiTyas