Minggu, 07 Desember 2008

Revenue operator frekwensi mandiri | 0

Di saat operator lain banting - bantingan tarif agar slot RUIM HP user terisi produk mereka, Ceria yang beroperasi di frekwensi mandiri bisa menerapkan strategi yang berbeda.

Kasarnya, revenue bergantung pada ARPU x Jumlah user. Faktor - faktor yang berpengaruh banyak sekali tapi ujung - ujungnya tetap di 2 hal tersebut.

Pada dasarnya,tarif berapapun, user tetap mempergunakan HP sesuai budget dan kebutuhannya. Jadi fokus revenue via ARPU kurang efektif, lebih efektif via jumlah user. Dulu, ARPU bisa di boost dengan iming - iming bayar mahal menit pertama aja, atau tarif tinggi di area minim kompetisi. Sekarang kondisinya berbeda, user sudah jenuh 'dikibuli'. ARPU kini praktis tergantung kondisi ekonomi sedang jumlah pelanggan masih mungkin di-push dengan beragam cara.

Jika kartu Ceria hidup tergantung handsetnya, menghitung user yang tidak aktif jadi mudah. Tinggal HP terjual dikurangi user aktif. Ktemu deh HP Ceria yang nganggur. Pengguna Ceria tidak lagi menggunakan HPnya dengan beragam alasan, diantaranya :
1. HP rusak
2. Sinyal Jelek
3. Sulit cari voucher
Dengan peningkatan kualitas jaringan dan distribusi, maka pengaruh no 1 adalah yang paling besar mengingat telah banyak handset yang berada di luar masa garansi. Solusi untuk hal ini diantaranya :
1. Sparepart terjangkau
2. Ceria rusak menjadi vocer potongan untuk pembelian Ceria baru..,atau HP rusak apa saja mempunyai nilai untuk ditukar Ceria baru.
3. Store/distribusi khusus Ceria 2nd.

Dengan solusi tsb, Ceria aktif lebih banyak, bertambah, dan revenue perusahaanpun meningkat. Yang perlu menjadi catatan adalah, mati hidup kartu Ceria tergantung handsetnya. Sangat berbeda dengan operator lain yang hanya menjual perdana.

Usul : Gimana kalo bikin program dengan tagline "HP Rusak Anda Kami Hargai Hingga XX Ribu" untuk pembelian HP Ceria baru? Nggak ada ruginya lho dicoba. Budget bisa dianggarkan dari sales & marketing. Dengan sistem pemasaran seperti itu, bukan HP Ceria yang harganya ditawar, tapi HP bekas milik pembeli yang nilainya ditawar. Cara elegan maintain harga HP Ceria.

0 komentar:

Bookmark and Share

Posting Komentar

 
Theme : FeedCentre by BudiTyas