Senin, 08 Desember 2008

Kontribusi Dealer & Reformasi | 0

Masih terkait dengan posting yang INI, dan INI

Dealer mempunyai arti penting untuk ambil bagian. Maksud dari ambil bagian di sini adalah memberikan kontribusi 'lebih' demi jalannya sistem saat ini.

CO saat ini dituntut kerja 'lebih' keras atau penghasilan minimalis. SPV juga dituntut kerja 'lebih' keras atau gaji termutilasi. Ditekan seperti apapun, 2 jenis pekerja itu akan tetap berjalan pincang jika pihak ke 3, yaitu dealer, tidak ikut berkontribusi 'lebih'. Kontribusi 'lebih' ini tentu sesuai fungsi utama dealer, yaitu modal. Tuntutannya adalah modal 'lebih' atau sistem berjalan terpincang - pincang.

Tidak pernah ada enaknya saat kita dituntut 'lebih'. Jujur saja semua akan berteriak, baik CO, SPV, maupun Dealer. CO memaki - maki perusahaan. SPV gondok berat sama UM- Dealer. Dan Dealer bakal ngamuk - ngamuk sama yang usul dealer harus 'nombok'. Jujur aja deh. Iya nggak? Ya kan? Jujur deh loe.., hehe (CO maki2 bisa dicek di blog sebelah...)

Sistem saat ini hanya mungkin berjalan jika 3 pemain lapangan yaitu CO, SPV, dan Dealer memberikan kontribusi 'lebih' tanpa kecuali. Jika sistem ini gagal, dampak performa rendah all area adalah sorotan untuk jajaran eksekutif puncak. Tidak ada kata aman untuk eksekutif sebuah perusahaan kecuali ia adalah owner perusahaan itu sendiri atau perusahaan bukan berorientasi profit, tapi sebuah lembaga amal.

Jika sampai jajaran eksekutif puncak mengalami perubahan, dealer2 yang telah membangun hubungan baik dengan eksekutif tertentu bisa dipastikan terkena imbasnya. Bargain posititionnya melemah. Sebuah reformasi menyeluruh kemungkinan bisa terjadi. Struktural top down.

Dengan melihat beragam kemungkinan, bisa jadi dealer 'terpaksa' mau berkontribusi 'lebih' demi lancarnya sistem, tapi bisa juga tidak. Dilematis sekali jalan keluar jika sistem yang tidak optimal diusahakan untuk tetap bisa berjalan. Jika anda dealer, anda memilih kontribusi 'lebih' atau reformasi?

September-Desember. Lampung yang biasa di 1000an/day terjerembab ke angka 100-300an/day. Rasanya tidak ada pilihan lain. Reformasi di depan mata.

Btw, itu sekedar prediksi, ke depannya let wait n see...

0 komentar:

Bookmark and Share

Posting Komentar

 
Theme : FeedCentre by BudiTyas