Minggu, 14 Desember 2008

Potensi peningkatan ARPU Ceria | 0

Promo Ceria saat ini berpotensi meningkatkan ARPU, bisa juga menurunkan ARPU. Berikut beberapa alasannya :

+ Potensi peningkatan ARPU
Promo mampu meningkatkan ARPU bila :
1. Efektif menyasar user ber ARPU rendah
Program efektif jika user yang jarang melakukan panggilan menjadi lebih sering dan mulai menikmati tarif murah yang ditawarkan. Peningkatan budget telekomunikasi sangat dimungkinkan dengan tawaran manfaat yg sangat menguntungkan.
2. Memaksimalkan penggunaan Ceria
Para pengguna menengah yang mungkin memiliki 2 HP mulai memanfaatkan Ceria secara lebih intens. Alokasi budget untuk 'HP yang lain' teralihkan ke Ceria. Promo SMS menjadi sangat efektif karena sebelumnya kelemahan Ceria ada di situ.
3. Menyasar pengguna baru yang ingin lebih berhemat
Dengan penghematan yang lengkap, value Ceria meningkat di mata konsumen, terutama mereka - mereka yang intens bertelekomunikasi. Pengguna baru yg intens adalah sumber ARPU tinggi.

- Potensi penurunan ARPU
Promo menurunkan ARPU bila :
1. Kurang dikomunikasikan dengan baik
Tanpa informasi, maka sedikit yang tahu. Bisa jadi, justru hanya mereka yang ber ARPU tinggi yang memanfaatkan promo tsb sehingga ARPU justru turun.
2. Rentang jangkauan menyempit
Dengan karakteristik CDMA yang menurun rentang jangkauannya dengan adanya komunikasi intens, maka area yang sebelumnya kaya sinyal berpotensi menjadi miskin sinyal sehingga kesulitan melakukan panggilan. Pengguna yang tersebar membuat kemampuan jaringan sangat penting dipertimbangkan. Ketidak mampuan melakukan panggilan sangat berpotensi menurunkan ARPU.

Saya pribadi sebagai pengguna Ceria akan sangat terbantu dengan promo ini. Alokasi budget untuk SMS sebesar 30 ribu/bulan untuk operator lain akan teralihkan ke Ceria. Jika sebelumnya budget untuk Ceria hanya 10 ribu, maka bisa jadi 30 ribu, meningkat 20 ribu (5 ribu x 4 minggu untuk alokasi SMS murah). Saya berhemat 10 ribu + SMS tak terbatas, sedang ARPU Ceria meningkat 300%. Benar - benar sebuah mutual benefit antara pengguna dan penyedia jasa.

0 komentar:

Bookmark and Share

Posting Komentar

 
Theme : FeedCentre by BudiTyas