Selasa, 11 November 2008

Urgensi Tronik | 1

Sistem pulsa tronik untuk Ceria menjadi hal yang sangat penting dimana efeknya mungkin jauh lebih besar dari yang kita bayangkan. Apa kendala voucher fisik dan solusi apa yang bisa diberikan oleh sistem tronik? Berikut beberapa :

1. Ceria berfokus pada area yang luas dengan kepadatan penduduk rendah. Dengan voucher fisik, berapa besar biaya transport untuk mengcover area yang luas tersebut? Sudah pasti besar.

2. Konter2 desa dengan modal terbatas masih enggan untuk menjadi retailer ceria. Daripada dialokasikan utk Ceria, lebih baik dialokasikan untuk produk lain dengan pangsa pasar yang lebih besar.

Lantas, perubahan apa yang ditawarkan sistem tronik?

Dengan sistem tronik, maka distribusi untuk mengcover area yang luas jauh lebih efisien. Misalkan saja sebuah server all operator telah menyediakan Ceria, maka downline2nya di pedesaan pengguna jasa server tersebut bisa menjual tronik Ceria tanpa mengeluarkan modal tersendiri. Cukup satu deposit untuk mengisi semua kartu, dimana Ceriapun ter-list di situ.

Sistem all operator butuh HP yg bisa dikoneksi & diperintah via komputer, dan poin distribusi ada di situ. Tanpa HP dengan kemampuan koneksi komputer, maka reseller hanya mampu menjual ke end user. Tidak ada poin lebih dari sisi distribusi. Justru merupakan beban karena reseller harus keluar modal untuk HP + stok tronik, belum lagi waktu untuk proses pengisian pulsa ke pelanggan plus resiko salah kirim pulsa.

Dengan masa aktif pulsa yang lebih pendek, faktor distribusi memegang peran yang lebih penting dibanding sebelumnya. Dengan distribusi merata, hilang satu lagi alasan keengganan calon pengguna Ceria, artinya ada beberapa % peningkatan terjadinya closing aktivasi.

1 komentar:

yatno mengatakan...

boz kok ceria fisik dah jarang banget dipasaran, aku sebagai counter yang menempati daerah dengan pelanggan ceria yang lumayan banyak kebingungan, untuk ìsi ulang ceria. yatnocel@gmail.com

Bookmark and Share

Posting Komentar

 
Theme : FeedCentre by BudiTyas