Rabu, 26 November 2008

Sales Ceria & Fungsinya | 0

Sales direct di Ceria mempunyai beberapa fungsi penting, diantaranya :

1. Berfungsi sebagai marketing.
Mengapa demikian? Sales yang berjumlah banyak, berseragam, masuk kampung keluar kampung adalah pembentuk awareness yg tinggi. Disadari atau tidak, keberadaan sales memiliki arti penting untuk menunjukkan eksistensi Ceria di masyarakat.

2. Berfungsi sebagai PR
Hubungan antar personal menjadi bernilai saat produk di deliver ke konsumen via sales direct. Meskipun telah ada customer service tersendiri, sales tetap menjadi salah satu penentu kepuasan pelanggan, terutama untuk layanan purna jual. Harmonis atau tidaknya hubungan sales dan konsumen berpengaruh besar terhadap penerimaan produk di masyarakat.

3. Berfungsi menjual
Fungsi langsung dari sales ada di sini. Menjual produk.

Untuk menuju ke 3 yg optimal, maka fungsi 1 dan fungsi 2 harus benar - benar dimaksimalkan.
Nah, sekarang pertanyaannya adalah.., mengapa fungsi ke 3 tidak maksimal? Dgn bahasa STI, mengapa aktivasi rendah?

Jika hanya merujuk ke fungsi sales di atas, mungkin kendalanya demikian :

1. Fungsi sales sebagai pembentuk awareness tdk maksimal.
Masih banyak sales Ceria yang tidak memiliki seragam. Tanpa seragam, maka fungsi sales sebagai pembentuk awareness menjadi tdk maksimal. Dgn publisitas UTL minimal, seragam memiliki arti penting, terutama untuk menunjukkan eksistensi Ceria.

2. Fungsi sales sebagai PR tdk maksimal
Ketidak puasan memiliki imbas berantai yang panjang. Pelanggan yg yang tidak puas berhadapan dengan sales yg juga tidak puas dengan perusahaan, maka kemungkinan yang terjadi adalah perusakan image yang parah terhadap perusahaan yang menyebabkan penerimaan masyarakat terhadap produk melemah. Publisitas negatif via blog, komunitas, atau pengabaian pelanggan oleh sales sangat mungkin terjadi.

Beberapa solusi yang bisa dilakukan diantaranya :
1. Jika 5% anggaran marketing/bulan dialokasikan untuk pembuatan seragam, berapa jumlah seragam yang mungkin dibuat tiap bulan? Daripada habis untuk kegiatan2 yg tidak jelas keefektifannya, alokasi budget tersendiri untuk rutinitas pembuatan seragam bisa diagendakan.

2. Jika sales direct merupakan jalan utama penetrasi produk, maka kepuasan sales merupakan prioritas. Respon awal sales thd sistem yg diterapkan bisa menjadi indikator awal sukses atau tidaknya sistem yg akan dijalankan. Sesuatu yang positif akan menarik hal - hal positif lain. Sales yang puas secara otomatis berusaha membangun image positif perusahaan melalui layanan maksimal ke pelanggan. Dan semua hal yg positifpun berjalan berkesinambungan...

0 komentar:

Bookmark and Share

Posting Komentar

 
Theme : FeedCentre by BudiTyas