Kamis, 08 Januari 2009

Menjadi hebat | 0

Di saat enterpreneurship mewabah dengan makin banyaknya training - training kewirausahaan dan bisnis, ternyata mencari pengalaman menjadi pekerjapun tidak kalah banyak faedahnya. Menjadi karyawan adalah belajar tapi dibayar. Bukan berarti harus kehilangan idealisme untuk menjadi pengusaha atau wirausahawan mandiri, namun bekerja adalah langkah membangun wawasan, pengalaman, relasi, dan banyak hal baru yang mungkin tidak bisa kita dapatkan bila kita langsung pegang kendali perusahaan kita sendiri.

Putera Sampoernapun tidak langsung menjadi pemegang kendali perusahaan keluarganya. Ia magang dulu jadi pekerja di perusahaan agro Singapura. Menjadi pekerja adalah belajar memaksimalkan potensi diri, sebelum akhirnya belajar memaksimalkan potensi orang lain. Di jaman yang penuh kompetisi seperti ini, ada baiknya seseorang merasakan diperintah dulu untuk mampu memerintah. paling tidak itu membuat kita lebih bijaksana dan mampu memanusiakan sesama.

Jika kita bukan seorang PNS yang mendapat gaji dari negara, maka prinsip - prinsip wirausaha harus kita tanamkan sejak awal. Setidaknya kita tahu tentang uang, manusia, dan pemasaran karena 3 elemen itu adalah vital bagi wirausahawan. Setinggi apapun jabatan seorang profesional, akan lebih aman jika incomenya tidak hanya berasal dari 1 sumber. 2 sumber income yang sedang - sedang saja lebih aman daripada hanya 1 yang nilainya gabungan dari keduanya. Perusahaan sebesar apapun punya titik lemah, dan semua yang merasa karyawan harus waspada dan berjaga - jaga. Itu adalah pemahaman, pilihan, sekaligus paksaan dalam dunia bisnis agar kita tahu bahwa tidak ada manfaatnya menyalahkan keadaan. Kita memiliki kuasa penuh menentukan jalan hidup kita sendiri dan mengusahakannya, meski akhirnya Tuhan yg menentukan.

Future will coming 2 everybody. Entah masa depan seperti apa, ada baiknya kita ingat bahwa kita masih/pernah menjadi bagian penting dalam suatu pertumbuhan perusahaan sebagai salah seorang pekerja. Kita pernah berguna & bermanfaat, dan kitapun pernah mendapat manfaat. Be proud of it. Kita adalah orang - orang yang hebat. Dan orang hebat tidak takut melihat ke depan, entah apapun tantangannya.

0 komentar:

Bookmark and Share

Posting Komentar

 
Theme : FeedCentre by BudiTyas