Jumat, 05 Desember 2008

Selling skill yang berproses | 0

Keahlian menjual merupakan salah satu keahlian yang paling dibutuhkan. Tidak peduli serendah apapun pendidikan formal yang anda miliki, selama anda mampu menjual, maka potensi untuk mendapatkan penghasilan tinggi sangat terbuka. Untuk menjadi penjual yang handal, ada beberapa hal yang harus diketahui, diantaranya :

1. Penolakan lebih banyak daripada penerimaan.
Jika kita sudah tahu, maka kita tidak akan kaget. Sales yang 'belajar' tidak berusaha menambah penerimaan, tapi berusaha mengurangi penolakan. Nampak sama tetapi berbeda. Menambah penerimaan, berarti kita harus memprospek lebih banyak, dengan kemungkinan penolakan lebih banyak pula. Mengurangi penolakan adalah belajar mengubah penolakan menjadi penerimaan tanpa harus menambah jumlah yg diprospek. Di sini teknik menjual kita tumbuh. Jadi jika kita mendapat penolakan, berbahagialah, berarti kita sedang mendapat ujian untuk tambahan ilmu baru.

2. Jangan melihat produk seakan kita konsumennya.
Jika kita berpikir sebagai konsumennya, bisa jadi kita berfikir produk tersebut jelek, tidak berguna, dan semacamnya, karena produk mungkin memang tidak bernilai bagi kita. Itu menghilangkan motivasi & antusiasme dalam menjual. Akhirnya kita tidak bisa menjual dan menyalahkan produk. Hal terbodoh untuk seorang salespeople. Tugas sales adalah menemukan celah dimana produk menemukan pasarnya.

3. Menutup penjualan adalah hal terpenting.
Anda bersusah payah menarik perhatian, membangkitkan keinginan, jadi jangan siasiakan mengakhirinya hanya dengan memberi kartu nama. Keinginan yang sudah terbentuk harus segera ditindak lanjuti dengan closing. Inti dari menutup penjualan adalah membangun kondisi dimana deal saat itu juga adalah pilihan terbaik. Hindari kata - kata "besok jg tidak apa - apa" atau "nanti kalau berminat hub nmr ini". Itu membuka celah kegagalan, dan kita harus mengulang lagi dari awal.

OK, sementara hanya itu materi posting kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada koreksi atau penambahan, jangan ragu - ragu tuliskan komentar anda.

0 komentar:

Bookmark and Share

Posting Komentar

 
Theme : FeedCentre by BudiTyas