Rabu, 03 Desember 2008

Pemimpin team pemasaran | 0

Membangun sebuah team pemasaran bukanlah hal yang mudah. Tidak bisa sekali jadi. Team pemasar bisa diibaratkan armada perang. Team secara hierarkis tersusun berlapis dari atas ke bawah dalam bentuk piramid. Mulai dari jendral hingga prajurit.

Pemimpin pasukan yang hebat bukanlah yang membunuh paling banyak, tapi mereka yang mampu membawa pasukannya memenangkan perang. Siapa yang membunuh paling banyak bukan masalah selama perang itu dimenangkan.

Sebuah team yang solid bisa dilihat dari :
1. Jumlahnya
2. Kualitas prajuritnya
3. Strateginya

Ketiga hal itu adalah KPI seorang pemimpin. Kriteria pertama tentu adalah jumlahnya. Jumlah tentara sangat menentukan kemenangan sebuah perang. Kriteria kedua adalah kualitas prajuritnya. Prajurit yang berkualitas mampu menjalankan strategi yang diterapkan dengan benar. Kriteria ketiga adalah strategi. Strategi yang baik mampu meminimalisir korban di tiap pertempuran.

Meski seorang pemimpin adalah jagoan yang ahli membunuh, jika anak buahnya bertumbangan satu persatu, maka ia tidak akan memenangkan perang. Wilayah jelajahnya menyempit, terpojok, dan mungkin tinggal menunggu waktu untuk menyerah kalah.

So, jika anda telah menjadi pemimpin, perhatikan saja 3 hal di atas. Jangan bermental prajurit yang ikut berlomba untuk 'membunuh'. Itu bukan lagi tugas anda. Kesolidan team jauh lebih penting untuk memenangkan pertempuran.

0 komentar:

Bookmark and Share

Posting Komentar

 
Theme : FeedCentre by BudiTyas