Rabu, 17 Desember 2008

Kreativitas marketing & keamanan | 1

Seorang marketer pendesain program pemasaran dapat dipilah menjadi 2 tipe. Yang pertama adalah pejuang kreatif yang sering menempatkan diri dalam situasi 'tidak aman'. Yang kedua adalah pekerja konservatif yang lebih mengutamakan keamanan.

Pejuang kreatif melihat segalanya dalam dimensi kreatif dimana ia berani merancang program - program besar biaya tinggi dengan potensi hasil yang tinggi pula. Langkah - yang ditempuh adalah langkah beresiko yang terhitung, dalam arti, ia menempatkan dirinya dalam situasi tidak aman dan berusaha semaksimal mungkin untuk keluar dari situasi tsb menuju ke gerbang kesuksesan.

Pekerja konservatif melihat dengan cara terbalik. Ia merancang program dengan kaidah keamanan. Program yang dihasilkan adalah program standar, kecil - kecil, dimana fokus utamanya adalah penghematan. Ia terkungkung dalam zona aman yang memblokade diri sendiri dan produk yang ia pasarkan. Pekerja konservatif tidak akan pernah membuat gebrakan besar karena ketakutannya akan resiko kegagalan.

Berani membuat program yang besar, melibatkan banyak pihak, mengkalkulasi dengan cermat, mendapatkan support atasan, dan memimpin hingga program tersebut berjalan dengan optimal adalah langkah seorang marketer sukses. Pejuang kreatif yang membuka peluang bagi dirinya untuk menjadi yang terhebat. Aman minimalis? Itu adalah langkah jitu untuk berpindah - pindah area/tempat kerja, tanpa ada kemungkinan naik jabatan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Semakin besar resiko, semakin besar potensi benefit. Biasanya sih begitu :D

Bookmark and Share

Posting Komentar

 
Theme : FeedCentre by BudiTyas