Kamis, 25 September 2008

Menjual keunikan | 0

Menjual sesuatu yang unik biasanya dengan cara yang unik. Sistemnya pemasarannya seharusnya berbeda bila dibanding produk consumer goods atau telko pada umumnya.

Ceria bisa dipandang sebagai produk yang unik, bisa juga tidak. Sebagai produk yang tidak unik, ceria dipasarkan melalui kanal - kanal distribusi seperti halnya produk telko lain. Dari sudut pandang yang 'tidak unik' :
- Fungsi Ceria sama seperti yang lain, yaitu alat komunikasi
- Sistem pengisian pulsa juga relatif sama, melalui voucher

Dari sudut pandang 'Unik':
- Ceria beroperasi di spektrum 450 dengan rentang jangkauan lebih luas
- Sumber handset Ceria hanya dari Ceria

Dengan meng 'include' kan Ceria sebagai produk 'tidak unik' maka mau tidak mau komparasinya adalah produk tidak unik lain yang mudah gonta - ganti kartu dan mudah gonta ganti HP, dan itu bukan kelebihan Ceria. Dengan lebih menitikberatkan bahwa Ceria adalah produk yang unik dan mampu mensosialisasikan segala kelebihannya dengan skema pemasaran yang sesuai, maka ada 'blue ocean' yang bisa dijelajahi tanpa kompetisi frontal yang berdarah - darah.

Sebuah samudera biru butuh kreativitas lebih untuk mengarunginya, karena tidak ada marka jalan dan jejak untuk diikuti. Tanpa kreativitas, ada banyak karang yang bisa mengkaramkan kapal dengan mudah. Kerja keras tanpa 'back up' kreativitas akan membuat trend penjualan seperti sebuah bukit, naik cepat, lantas menukik turun dengan sama cepatnya.

Produk unik, dengan pasar dominan low end, mengapa tidak menggunakan sistem MLM? Sistem member get member dengan reward yang memadai sangat menarik untuk pasar low end yang membutuhkan penghasilan tambahan. Dibanding kompetitor, Ceria bisa dibilang paling unik, dan kansnya untuk berhasil di skema member get member paling besar.

Langkah paling mudah untuk mencoba sistem member - get member adalah dengan skema baru, sistem pemantauan yang baru, tanpa merubah/membubarkan skema lama yang sudah berjalan. Kuncinya ada di handset baru.

0 komentar:

Bookmark and Share

Posting Komentar

 
Theme : FeedCentre by BudiTyas